Pengertian Teknologi Sistem ECU

Pengertian dan Fungsi ECU, Mungkin sebagian dari kita belum mengenali apa itu ECU (Engine Control Unit) yang terdapat pada kendaraan kendaraan terbaru seperti pada ketika ini. Akan namun perkembangan teknologi tidak mampu kita hindari, contohnya pada pertumbuhan teknologi pada kendaraan yang kita temui dikala ini.

 Uraian Sistem Dan Fungsi ECU

Oleh sebab itu saya ingin memberi sedikit pemahaman dan penjelasan mengenai Pengertian dan Fungsi ECU dan problem-duduk perkara yang sering terjadi pada ECU di kendaraan kita semoga kita mampu mengenali fungsi dan cara kerja dari si ECU tersebut.
Oke, eksklusif aja deh.

ECU yakni akronim dari Engine Control Unit yang terdapat pada kendaraan yang sudah menggunakan teknologi terbaru, ECU bekerja tidak sendiri, iya di bantu oleh sensor-sensor yang saling terhubung dengan satu sama lain untuk menolong kinerja mesin yang sudah di kendali oleh ECU.

ECU melakukan pekerjaan berdsasarkan sensor sensor yang terhubung dengannya, sehingga beliau mampu mengendalikan actuator biar melakukan pekerjaan sesuai dengan keadaan mesin, apabila salah satu dari sensor ini mengalami kerusakan akan berakibat terhadap kinerja dari kendaraan kita.

Apabila kerusakan sensor tersebut tidak segera di tangani akan mengakibatkan kerusakan terhadap sensor sensor yang lain, sehingga kinerja dari ECU tidak optimal dan kesanggupan mesin kendaraan kita akan menurun.

Kerusakan pada ECU bisa di bilang kerusakan serius pada kendaraan , selain kinerja mesin menjadi menurun, mesin bahkan tidak bisa hidup atau mati total. Oleh alasannya itu kita mesti rutin melaksanakan perawatan terpola untuk mengenali kerusakan-kerusakan pada kendaraan kita sedini mungkin guna menyingkir dari hal-hal yang tidak kita kehendaki yang mampu merugikan kita sendiri.

Berikut ini yakni cara kerja dari ECU :

Gambar di atas menerangkan ihwal bagaimana cara kerja dari ECU, gambar diatas yakni penjelasan cara kerja pada ECU dari mesin Gasoline/kendaraan berbahan bakar premium atau pertamax.

Untuk jenis ECU pada kendaraan diesel bahu-membahu sama saja, hanya ada beberapa sensor pemanis lagi yang tidak terdapat pada ECU jenis kendaraan Gasoline
Sensor tambahannya yaitu selaku berikut:

  • Barometric Sensor
  • EGR Sensor
  • SCV (Suction Control Valve)
  • Fuel Pressure Sensor
  • Fuel Filter Sensor
  • Glow Plug/ Busi Pemanas

Itulah beberapa sensor aksesori yang terdapat pada mesin diesel dengan teknolgi terbaru yang lebih efisien dan irit bbm.

Dari beberapa klarifikasi diatas dapat kita simpulkan bahwa mesin Gasoline dan mesin Diesel sungguh berlainan jauh walau prinsip dasarnya sama.

Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *