Cara Memajukan Bisnis UKM

Era MEA tengah kita hadapi. Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) pun diminta untuk memanfaatkan momentum ini untuk mampu menawarkan ‘taringnya’.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi mengatakan, teknologi mampu digunakan para UKM selaku ‘senjata’ bertanding di MEA. Teknologi juga dapat digunakan untuk meningkatkan dan mempercepat produktivitas. UKM juga didorong untuk terus mengembangkan bisnisnya melalui e-commerce.

“Kami mendorong UKM untuk mempergunakan  e-commerce kalau mau eksis dalam persaingan global. UKM harus berbagi usahanya secara digital,” katanya.

Itulah karena diadakan bazar UKM yang diketahui dengan program Creativity Day. Mengambil tema Socio Teknopreneurship dirinya berharap UKM mirip UKM kerajinan, fesyen, alat rumah tangga, kuliner untuk mempergunakan teknologi dalam menyebarkan bisnis mereka. Pihaknya juga berharap bisa melaksanakan aktivitas Creativity Day yang berisi festival produk UKM ini sepekan sekali.

“E-commerce ini sesungguhnya toko yang  tak terbatas luasnya. Kalau punya toko dengan luas 3X4 meter kan terbatas, jika  e-commercetak terbatas luas tokonya dan jangkauan pemasarannya,” ujar Ahmad.

Dalam catatan Kemenkop UKM, sebanyak 600 UKM di bawah Kementerian Koperasi dan UKM sebagian telah memiliki situs web untuk e-commerce. Namun memang ada UKM yang belum mempergunakan e-commerce.*

Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *